Berita

Seputar APIP dan Ke-JFA-an

Ujian Sertifikasi Auditor Berbasis Komputer (USABK) Periode Juli 2024

Pusat Pembinaan Jabatan Fungsional Auditor (Pusbin JFA) akan menyelenggarakan Ujian Sertifikasi Auditor Berbasis Komputer (USABK) Periode Juli 2024

  1. Peserta USABK adalah auditor/calon auditor Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) yang memiliki:
    • Sertifikat Telah Mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (STMPP), yang diterbitkan oleh Pusdiklatwas BPKP; dan
    • Sertifikat Diklatsar atau Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan (STTPP), yang diadakan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) maupun instansi lain
      yang bekerja sama dengan LAN, khusus bagi peserta diklat STAR Jenjang Keterampilan dan Jenjang Ahli Pertama. 
  2. Peserta yang berhak mengikuti ujian pada periode ini adalah peserta yang masuk dalam kelas diklat, sebagaimana tercantum pada lampiran 1.
  3. Seluruh peserta wajib melakukan pendaftaran USABK melalui admin Sibijak di unit APIP, dengan mengisi kelengkapan data pendaftaran di aplikasi Sibijak (https://sibijak.bpkp.go.id/). Pendaftaran dibuka sampai dengan tanggal 27 Juni 2024.
  4. Simulasi dan USABK akan dilaksanakan secara online, tanggal 8 s.d. 25 Juli 2024, sesuai dengan jadwal yang tercantum pada lampiran 2. 
  5. Lokasi penyelenggaraan ujian di tempat kedudukan masing-masing peserta ujian.
  6. Simulasi USABK wajib diikuti oleh seluruh calon peserta ujian, sesuai dengan jadwal sebagaimana tercantum pada lampiran 2.
  7. Tata Tertib dan Teknis Pelaksanaan USABK tercantum pada lampiran 1.
  8. Informasi lebih lanjut mengenai pelaksanaan USABK, dapat dipantau oleh peserta melalui Whatsapp Group (WAG) yang telah dibentuk. Bagi peserta ujian yang belum lulus pada periode sebelumnya, WAG dapat diakses melalui link https://linktr.ee/usabk

Informasi lebih lanjut terkait penyelenggaraan USABK dapat dilihat pada Surat Kepala Pusat Pembinaan JFA yang dapat diunduh pada tautan di bawah ini: 

https://bit.ly/USABKJuli2024

Pertanyaan dapat disampaikan pada konsultasi online pada tautan berikut ini:

KONSULTASI ONLINE

 



Kembali



Kembali