Berita

Seputar APIP dan Ke-JFA-an

EXPO Wasin 2024: showcase inovasi pengawasan untuk akselerasi pembangunan

 

Selasa, 28 Mei 2024, BPKP kembali menyelenggarakan Expo Pengawasan Intern 2024 di Krakatau Grand Ballroom, TMII dalam rangka Hari Ulang Tahun BPKP ke-41. Acara ini dihadiri oleh pengawasan intern dari berbagai instansi pemerintah maupun badan usaha yang terdiri dari 99 booth dari kementerian, lembaga, pemerintah daerah, BUMN/D dan perusahaan-perusahaan swasta serta dikunjungi oleh ribuan pengunjung.

Muhammad Yusuf Ateh, Kepala BPKP, menekankan bahwa Expo Pengawasan Intern 2024 diselenggarakan untuk menyampaikan kepada publik bahwa pengawasan intern memiliki peran penting dalam mengawal akuntabilitas dan efektivitas keuangan negara/daerah serta pembangunan nasional. Dia juga menyatakan pentingnya inovasi dalam pengawasan intern melalui pemanfaatan teknologi, sesuai dengan arahan Presiden.

Expo ini menghadirkan para provider teknologi informasi untuk mendorong transformasi digital pengawasan, dimana transformasi pengawasan telah berhasil mengawal akuntabilitas keuangan dan pembangunan. Expo Pengawasan Intern juga berperan sebagai sarana untuk menampilkan kontribusi pembangunan nasional dan peran APIP selama 5 tahun terakhir, serta sebagai wadah untuk belajar dan berbagi pengetahuan. 

Moch. Fahrudin, Kepala Pusat Informasi Pengawasan selaku Ketua Panitia Expo, menyebutkan bahwa keberhasilan pengawalan akuntabilitas didukung oleh transformasi pengawasan intern yang cepat, memastikan manfaat program pemerintah, serta sinergi dan kolaborasi. Expo ini diharapkan dapat memperkokoh relasi antar Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan menjadi sarana pembelajaran tentang inovasi dan praktik terbaik dalam pengawasan intern.

Pameran ini menunjukkan peran vital dan strategis KLPBU dalam kontribusi terhadap pembangunan nasional dan APIP dalam pengawalan program pemerintah. Menghadirkan Talk Show dari narasumber dengan 2 Tema yaitu Tema I : Akselerasi Pembangunan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan oleh Asep Suryahadi (The SMERU Research Institute), Ika Widyawati (BAPPENAS), dan Aryanto Wibowo (BPKP). Tema II : Peran Auditor Intern dalam Value Creation and Enhancement pada Organisasi oleh Dewi Andriati (Governor IIA Indonesia), Hary Agung Prabowo (Bupati Temanggung), dan Iwan Agung Prasetyo (BPKP selaku Direktur Eksekutif AAIPI)

Pada akhir acara, diumumkan pemenang lomba booth terbaik dan pemenang doorprize, diantaranya PAM Jaya, Kementerian Pertahanan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kementerian Komunikasi dan Informatika, Komisi Pemilihan Umum, Pemerintah Kabupaten Berau, Pemerintah Kabupaten Sumedang, Pemerintah Kota Makassar, PT PLN (Persero), PT Pertamina, dan PT MRT Jakarta (Perseroda).



Kembali