Berita

Seputar APIP dan Ke-JFA-an

Diseminasi Hasil Raker BPKP 2024 sebagai komitmen tindak lanjut Pusbin JFA untuk Pembenahan Karakter dan Sikap Mental Pengawasan

Pada 20 Mei 2024 dilakukan diseminasi Hasil Rapat Kerja BPKP kepada seluruh pegawai Pusat Pembinaan Jabatan Fungsional Audtor di Ruang Rapat Lantai 11.

Diseminasi dibuka oleh Koordinator Pengelolaan  Sistem Informasi JFA dan Kinerja Pembinaan JFA  bapak Abdul Syukur mewakili Kepala Pusat Pembinaan Jabatan Fungsional Auditor Bapak Iwan Agung Prasetyo

Dalam kegiatan ini dibahas apa saja kontribusi yang dapat dilakukan Pusbin JFA terkait Hasil Rapat Kerja BPKP 2024.

Rapat Kerja BPKP yang dilakukan di Hotel Royal Tulip Bogor, beberapa waktu lalu, telah menghasilkan beberapa hal, antara lain Komitmen tindak lanjut hasil Rapat Kerja 2024 :

  1. Best practice dan rencana Tindak lanjut telah dirumuskan agar dilaksanakan secara disiplin
  2. Dikembangkan mekanisme pemantauan kinerja atas disiplin Manajemen Penugasan Pengawasan baik disiplin prosedural maupun disiplin kualitas
  3. Selain isu perbaikan hard control, ke depan agar disiapkan upaya pembenahan karakter dan sikap mental pengawasan. Bangun budaya kerja yang disiplin, tangguh dan berorientasi kualitas paripurna.

Pusbin JFA dapat fokus pada isu upaya pembenahan karakter dan sikap mental pengawasan dengan membangun budaya kerja yang disiplin, tangguh dan berorientasi kualitas paripurna.

Hal ini dilakukan sebagai upaya peningkatan kualitas hasil pengawasan BPKP secara merata sebagai tujuan dilaksanakannya rapat kerja BPKP dan sebagai best practice penerapan seluruh tahapan pada Manajemen Penugasan Pengawasan (MPP) di BPKP dan action plan pembenahan implementasi MPP.

Dalam menghadapi kesenjangan SDM baik pemenuhan kuantitas maupun kualitas, Pusbin JFA telah hadir dengan   Penyusunan Kerangka Unjuk Kerja JFA yang meliputi 6 kompetensi dasar, dengan 5 jenjang, 106 indikator, KUK teknis, value chain (dimana diterapkan perencanaan,pelaksanaan atau pelaporan) serta expected skill/output yang telah diserahkan kepada Pusdiklatwas BPKP sebagai acuan dalam penyusunan kurikulum terbaru.

Selain itu diharapkan pula kontribusi Pusbin JFA pada kapabilitas APIP, dimana Pusbin diminta melaksanakan analisis dan pemberian rekomendasi kebijakan pembinaan APIP serta mengkoordinasikan dan mengkonsolidasikan hasil pembinaan kapabilitas APIP.

Selain itu saat ini Pusbin JFA sedang melakukan Evaluasi renstra Pusbin jfa 2019-2024 yang akan menjadi pelajaran dan rekomendasi untuk penyusunan Renstra ke depan.

Dalam kegiatan diseminasi ini, dibahas pula karakteristik auditor BPKP Next Generation.

BPKP yang juga memiliki tugas dalam meningkatkan pengembangan SDM BPKP meyakini bahwa 2 elemen pentingnya dalam pengembangan SDM adalah kombinasi

Kompetensi Hard skill (teknis) + Kompetensi soft skill (Mansoskul) = Performance

Yang mana sejalan dengan  karakter inti pengawasan diharapkan Auditor generasi mendatang memiliki karakter-karakter antara lain:

  1. berintegritas membela kepentingan negara dan masyarakat
  2. berani mengambil kepytusan
  3. tidak mudh mengeluh
  4. bangga atas profesi dan pekerjaan
  5. tidak minder
  6. bertanggungjwab membenahi kesalahan yang dibuat
  7. tidak menyalahakan keadaan/orang lain
  8. berpikiran positif
  9. tidak mudah menyerah, berani mencoba cara baru

dengan demikian diharapkan seluruh pegawai Pusbin JFA dapat berkontribsi nyata dalam melaksanakan rencana aksi Raker BPKP 2024 dan membentuk karakter inti pengawasan di masa depan.



Kembali