Tanya Jawab

Forum Konsultasi

Ke-JFA-an

Untuk menghindari duplikasi pertanyaan, silahkan gunakan form pencarian dibawah ini.
Pencarian Konsultasi :


Selasa, 05 April 2016 / 10:25:34
User joko ( jokotriyono.magelang@gmail.com )
Badan Pengawas Daerah Kota Magelang | magelang | Provinsi Jawa Tengah
Kategori : - Kenaikan jabatan dan pangkat PFA Topik : kenaikan jabatan auditor terampil



Assalamualaikum,


Yang akan saya tanyakan:


1.     Auditor terampil/auditor pelaksana lanjutan III b telah mempunyai AK 175 apakah harus mengirimkan Surat keterangan pemenuhan jam pelatihan min 40 jam dalam jabatan untuk mendapatkan sertifikat Auditor Penyelia?


2.   Di samping Surat Keterangan tersebut, apakah juga menilaikan Penilaian Kinerja dan sikap Profesional kpd atasan langsung untuk melengkapi persyaratan mendapatkan sertifikat Auditor Penyelia? penilaian tsb jangka waktu penilaiannya apakah sesuai DP3 dan penilaian SKP tahun terakhir?


3. Berkas persyaratan apa saja yang harus dilampirkan untuk mendapatkan Sertifikat Auditor Penyelia? dan dikirimkan kemana?


Mohon maaf dan terima kasih



PusbinJFA :



1. Bagi Audiitor Terampil yang mempunyai sertifikat kelulusan Pembentukan Auditor Terampil, maka sertifikat tersebut dapat dipergunakan untuk persyaratan kenaikan pangkat sampai dengan Auditor Penyelia. Namun apabila  sertifikat kelulusan yang dimiliki merupakan  sertifikat kelulusan Pembentukan Auditor Pelaksana maka untuk kenaikan jabatan ke Auditor Pelaksana Lanjutan harus memenuhi terlebih dahulu jam diklat minimal 40 jam diklat setiap kenaikan jabatan.  Untuk mendapatkan sertifikat Auditor Pelaksana Lanjutan atau  Auditor Penyelia, harus mengirimkan permohonan penerbitan sertifikat tersebut kepada Pusbin JFA dengan melampirkan sertifikat kelulusan diklat untuk jenjang di bawahnya serta sertifikat keikutsertaan diklat  untuk pemenuhan jam diklat tersebut.


2.     Iya, selain sertifikat pemenuhan jam diklat juga harus dillampirkan penilaian praktik profesional dan kinerja oleh Atasan (SKP) tahun terakhir.


3.     Kelengkapan dokumen persyaratan  dikirimkan kepada;


Kepala Pusat Pembinaan Jabatan Fungsional Auditor


Gedung BPKP Lantai 11


Jalan. Pramuka Nomor 33 Jakarta Timur


 

Senin, 04 April 2016 / 12:46:16
User Yani ( yanisuki@gmail.com )
Kementerian Negara Kebudayaan dan Pariwisata | Jakarta Pusat | Provinsi DKI Jakarta
Kategori : - Kenaikan jabatan dan pangkat PFA Topik : Tindakan Yang Harus Diambil Untuk Auditor yang sudah 6 tahun lebih tidak dapat mengumpulkan angka kredit untuk kenaikan jabatan/pangkat



Selamat Siang,


Mohon saran dan tindakan apa yang harus diambil Unit Kerja Inspektorat, jika ada auditor yang sudah memangku jabatan :


a.   Auditor Madya (pengangkatan impasing) pada 31 Januari 2002 dengan pangkat IV/a (angka kredit 473 pada saat pengangkatan) dan sudah pernah naik pangkat IV/b pada 01 Oktober 2012 serta nilai angka kredit terakhir sebesar 740.948. Tindakan apa yang harus dilaksanakan unit kerja Inspektorat mengingat dalam waktu 14 tahun yang bersangkutan belum bisa memenuhi angka kredit untuk kenaikan jabatan setingkat lebih tinggi?


b.  Auditor Madya TMT 01 Februari 2010 pangkat pada saat pengangkatan III/d (angka kredit 486,132) dan pangkat terakhir IV/b TMT 01 Oktober 2012. Angka kredit terakhir sebesar 579.062. Tindakan apa yang harus dilaksanakan unit kerja Inspektorat mengingat sudah 6 tahun lebih dalam jabatan yang bersangkutan belum bisa memenuhi angka kredit untuk kenaikan jabatan?


c.   Auditor Muda TMT 01 Februari 2015 angka kredit 209,673 dan pangkat pada saat pengangkatan III/c (TMT 01 April 2008), angka kredit terakhir 209.673. Tindakan apa yang harus dilaksanakan unit kerja Inspektorat mengingat selama 7 tahun lebih yang bersangkutan belum bisa mengumpulkan angka kredit sesuai dengan yang disyaratkan untuk kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi?


Atas perhatiannya diucapkan terima kasih



PusbinJFA :



a.    Jabatan Auditor Madya mulai dari pangkat /golongan ruang pembina/IV a sampai dengan  Pembina Utama  Muda/IV c,  sedangkan dalam jabatan fungsional auditor maksimal kenaikan pangkat  dapat ditempuh dalam waktu 5 tahun sehingga  waktu yang ditempuh untuk naik jabatan bagi Auditor Madya untuk naik jabatan ke Auditor Utama paling lama adalah 15 tahun sejak diangkat dalam jabatan Auditor Madya. Sehingga dengan demikian  dimungkinkan seorang auditor belum naik jabatan dalam jangka waktu 14 tahun. Jika melihat latar belakang pengangkatan bagi auditor tersebut, kenaikan pangkat yang bersangkutan ke IV/b melewati batas waktu maksimal untuk kenaikan pangkat yaitu seharusnya paling lambat naik pangkat ke IV b  Tanggal 31 Desember 2008 kemudian jika pada saat tersebut belum dapat naik pangkat  karena belum terkumpul angka kredit kumulatif minimal, komposisi dan delta pengembangan profesi maka harus dibebaskan sementara dan diberikan waktu untuk memenuhi angka kredit tersebut 1 tahun sejak dibebaskan sementara.  Kemudian dalam realisasinya yang bersangkutan naik pangkat ke IV b  tmt 1 oktober 2012 maka yang bersangkutan harus mengumpulkan angka kredit kumulatif 700,00 dengan memperhatikan, komposisi penjenjangan dan delta pengembangan profesi (sesuai dengan lampiran  V atau VI atau VII PerMenPan Nomor: PER-220/M.PAN/7/2008) sesuai dengan jenjang latar belakang yang dimiliki dalam jangka waktu maksimal 5 tahun sejak kenaikan pangkat yaitu tmt 30 September 2017. Jika sampai dengan tanggal 30 September 2017 belum bisa mengumpulkan angka kredit minimal untuk kenaikan pangkat (700,00), maka yang bersangkutan harus dibebaskan sementara tmt 1 Oktober 2017, dan diberikan waktu 1 tahun agar tercapai angka kredit yang disyaratkan.  


b.  Jawaban untuk permasalahan ini pada dasarnya sama dengan  jawaban untuk permasalahan no. 1 di atas, secara umum auditor harus  dapat mengumpulkan angka kredit minimal untuk kenaikan pangkat dalam jangka waktu maksimal 5 tahun. Untuk dapat naik jabatan ke Auditor Utama maka seorang auditor harus memenuhi jumlah angka kredit minimal untuk kenaikan pangkat, juga harus telah lulus sertifikasi untuk jenjang jabatan yang akan diduduki. Artinya untuk dapat naik jenjang jabatan Auditor Utama, maka yang bersangkutan harus lulus sertifikasi Auditor Utama. Untuk dapat mengikuti diklat sertifikasi Auditor  Utama, maka pangkat minimalnya adalah IV/c dan mempunyai angka kredit kumulatif minimal 775,00.


c. Data yang saudara berikan untuk permasalahan yang ke-3 belum lengkap, karena kami perlu mengetahui saat pengangkatan dalam jabatan fungsional auditornya melalui metode pengangkatan pertama atau perpindahan, jabatan pada saat pengangkatan  serta angka kredit yang diberikan oleh Instansi pembina pada saat yang bersangkutan disetujui untuk diangkat dalam JFA untuk bisa memberikan solusi yang tepat atas permasalahan tersebut


Kamis, 31 Maret 2016 / 16:42:23
User untung s ( untung.suharyono@gmail.com )
Badan Pengawas Daerah Kabupaten Ogan Ilir | Indralaya | Provinsi Sumatera Selatan
Kategori : Ke-JFA-an Topik : Hasil Ujian Sertifikasi Periode Maret 2016

Kapan dapat diketahui hasil ujian sertifikasi periode Maret 2016, terima kasih



PusbinJFA :


Pemrosesan hasil ujian sertifikasi JFA bulan Maret 2016,  direncanakan akan diumumkan  2 bulan sejak ujian selesai dilaksanakan yaitu bulan minggu ke dua bulan  Mei

Kamis, 31 Maret 2016 / 10:31:13
User arif ( arif19840724@gmail.com )
Badan Pengawas Daerah Kota Bukittinggi | bukittinggi | Provinsi Sumatera Barat
Kategori : - Kenaikan jabatan dan pangkat PFA Topik : kenaikan jabatan



Saat ini saya Auditor Pertama dg pangkat III/b, telah lulus sertifikasi Auditor Muda, sertifikat terbit Februari 2016, dengan angka kredit 209 per-31 Desember 2015. Apakah untuk naik Jabatan ke Auditor Muda saya harus menunggu penilaian dupak semester 1 2016 atau apakah dapat diusulkan bulan Maret 2016 ini? Terima kasih sebelumnya




PusbinJFA :



Untuk persyaratan kenaikan jabatan/pangkat, Pak yang harus dilampirkan adalah angka kredit periode yang terakhir. Oleh karena Saudara belum diusulkan untuk kenaikan pangkat per 1 April 2016, maka untuk kenaikan jabatan/pangkat  PAK yang dipakai untuk kenaikan jabatan/pangkat adalah PAK semester 1 tahun 2016. Sehingga DUPAK  Saudara periode 1 Januari s.d. 30 Juni 2016 dapat dinilai pada bulan Juli dan jika sudah terbit PAKnya dapat dipakai untuk kenaikan jabatan, sedangkan untuk kenaikan pangkat pada Oktober 2016.


Rabu, 30 Maret 2016 / 16:56:21
User Mahmud ( mahmudkutai@yahoo.com )
Badan Pengawas Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara | Kabupaten Kutai Karetanegara | Provinsi Kalimantan Timur
Kategori : Ke-JFA-an Topik : DUPAK naik Jabatan Madya



Saya Audior Muda, DUPAK saya periode Desember 2015 sudah lebih 400 kemudian sertifikat Madya saya TMT bulan Februari 2016, untuk naik jabatan madya bulan April apakah saya membuat DUPAK baru periode Januari - Maret 2016 atau boleh hanya menggunakan DUPAK Periode Desember 2015 . jawaban sangat ditunggu Terimakasih




PusbinJFA :


Selain jumlah angka kredit kumulatif minimal untuk kenaikan pangkat juga harus mempertimbangkan komposisi angka kredit penjenjangan unsur utama, unsur penunjang, dan delta pengembangan profesi. Untuk kenaikan pangkat  tmt 1 April 2016, maka PAK yang dipergunakan sebagai syarat kenaikan pangkat adalah PAK periode 1 Juli s.d  31 Desember 2016.


Sambutan Kepala Pusbin JFA

Assalamu'alaikum Warahmatullahi
Wa Barakatuh...
Kapus
 

Konsultasi

Layanan untuk APIP yang ingin berkonsultasi seputar Jabatan Fungsional Auditor
Konsultasi
 
 

Galeri

Galeri foto kegiatan-kegiatan Pusbin JFA
Galeri Foto
 

Profil

Data Auditor BPKP, APIP Pusat, dan APIP Daerah Per Agustus 2015
Profil Auditor APIP 2015
 

Laporan Kinerja

Laporan Kinerja Pusbin JFA Tahun 2014
LAKIP 2014