TENTANG PUSBIN JFA

/

 

Pada medio 1990-an pemerintah menggulirkan program reformasi manajemen PNS antara lain melalui pembentukan struktur organisasi instansi pemerintah dengan paradigma 'miskin struktur kaya fungsi'.  Salah satu imbas dari upaya reformasi manajemen tersebut adalah terbentuknya Jabatan Fungsional Auditor (JFA) melalui Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (MenPAN) Nomor 19/1996 Tanggal 2 Mei 1996. Pembentukan JFA dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan tersedianya PNS yang ditugaskan secara penuh waktu untuk melaksanakan tugas pengawasan secara profesional dan untuk menjamin pembinaan profesi, karier, kepangkatan dan jabatan dalam rangka meningkatkan mutu pengawasan di lingkungan Instansi Pemerintah.

 

Untuk lebih menjamin terlaksananya pembinaan JFA secara efisien, efektif dan berkesinambungan diperlukan suatu instansi pembina JFA. Sehubungan dengan hal tersebut dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 19/1996, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) ditetapkan sebagai Instansi Pembina JFA di lingkungan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah.

 

Dalam rangka melaksanakan amanah tersebut BPKP secara bertahap meningkatkan kapasitas organisasinya, antara lain dengan membentuk dua unit kerja setingkat eselon II yaitu Pusat Pembinaan Jabatan Fungsional Auditor dan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pengawasan melalui Surat Keputusan Kepala BPKP No. KEP-06.00.00-080/K/2001 tanggal 20 Pebruari 2001 tentang Organisasi dan Tata Kerja BPKP.

 

Sepanjang perjalanan Pusbin JFA sejak tahun 2001 silih berganti pimpinan yang menahkodai Pusbin JFA, diawali dengan Drs. Salikin Zainal dilanjutkan oleh Alphonsa Ani Maharsi, Ak., M.Acc, Suwartomo, Ak, MS.Acc, Condro Imantoro, Ak, M.Sc, Kasminto Ak, MBA, Sidik Wiyoto., S.H, M.H., dan Dra. Sri Penny Ratnasari, M.M.

 

Profil pimpinan selengkapnya dapat disajikan sebagai berikut:

 

 

Edi Mulia, Ak., M.Si.

Nomor Telephone

(021) 859 100 31

Tempat, Tanggal Lahir

Jakarta, 14 April 1964

 Alamat Unit Kerja

Pusat Pembinaan Jabatan Fungsional Auditor

Gedung BPKP Lantai 11

Jl. Pramuka No. 33 Jakarta Timur

Pendidikan

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Mandala Indonesia

 

Penghargaan yang Diterima

- Satyalancana Karya Satya X Tahun
- Satyalancana Karya Satya XX Tahun

Sambutan Kepala Pusbin JFA

Assalamu'alaikum Warahmatullahi
Wa Barakatuh...
Kapus
 

Konsultasi

Layanan untuk APIP yang ingin berkonsultasi seputar Jabatan Fungsional Auditor
Konsultasi
 

Produk

Produk-produk peraturan Pusbin JFA
Produk
 

Galeri

Galeri foto kegiatan-kegiatan Pusbin JFA
Galeri Foto
 

Profil

Data Auditor BPKP, APIP Pusat, dan APIP Daerah Per Agustus 2015
Profil Auditor APIP 2015
 

Laporan Kinerja

Laporan Kinerja Pusbin JFA Tahun 2014
LAKIP 2014