Berita

Berita Seputar

Ke-JFA-an

Pencarian Berita :

Sosialisasi Fasilitasi Pengangkatan dalam JFA, Penilaian Angka Kredit dan Workshop Aplikasi SIBIJAK di Perwakilan BPKP Provinsi Jambi

  • Rabu, 31 Juli 2019 / 11:07:55 /
  • Dibaca: 97 Kali
Dsc02538

Jambi (24/7) - Pusat Pembinaan JFA menyelenggarakan rangkaian kegiatan Sosialisasi Fasilitasi Pengangkatan dalam JFA, Penilaian Angka Kredit dan Workshop Aplikasi SIBIJAK di Ruang Aula Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Jambi. Acara yang diselenggarakan selama dua hari mulai dari tanggal 24 sampai 25 Juli 2019 ini dibuka secara resmi oleh Koordinator Pengawasan Bidang P3A, Agustinus Heri Setiawan  yang mewakili Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jambi

 

Acara dihadiri oleh sekitar 72 orang peserta yang berasal dari pegawai Perwakilan BPKP Provinsi Jambi serta pegawai unit APIP se Provinsi Jambi. 


Pada hari pertama (24/07/2019), tim dari Pusbin JFA menyampaikan materi sosialisasi mengenai pengangkatan ke dalam JFA. Penyaji pertama, Khulifa Ahdizia menyampaikan beberapa hal terkait dengan fasilitasi pengangkatan ke dalam JFA. Berdasarkan  Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017, terdapat 3 jenis pengangkatan JFA, yaitu pengangkatan pertama, pengangkatan pertama, dan pengangkatan melalui penyesuaian/inpassing. Mengenai persyaratan pengangkatan ini juga telah diatur didalamnya. Tekait dengan pengangkatan melalui penyesuaian/inpassing, penyaji kedua dari Pusbin JFA, Walben Damanik menjelaskan dengan lengkap persyaratan inpassing JFA yang telah diatur khusus dengan Peraturan Kepala BPKP Nomor 9 Tahun 2019.


Acara siang dilanjutkan dengan materi mengenai penilaian angka kredit yang dipaparkan oleh Yasid, penyaji dari Pusbin JFA.Beberapa hal yang disampaikan antara lain mengenai unsur-unsur penilaian, dokumen kelengkapan pengajuan DUPAK, prosedur, ketentuan terkait, serta beberapa permasalahan umum dalam penilaian angka kredit.


Setelah itu acara dilanjutkan lagi dengan pemaparan oleh Nirwikoro mengenai pengenalan aplikasi Sistem Informasi Bina Jabatan Auditor Berkualitas (SIBIJAK), yaitu  sistem terpadu dengan integrasi layanan pembinaan yang dilaksanakan oleh Pusbin JFA dan dimanfaatkan oleh Pimpinan APIP dan Auditor pada K/L/Pemda. SIBIJAK mengintegrasikan layanan pembinaan Pusbin JFA yaitu layanan BINA KOMPETENSI (diklat sertifikasi JFA, antara lain: pendaftaran diklat, pendaftaran ujian online, ujian sertifikasi berbasis komputer), BINA KARIR (fasilitasi pengangkatan), dan BINA KINERJA (fasilitasi angka kredit). Aplikasi web -based ini juga terdiri dari beberapa modul atau fitur yang dapat dimanfaatkan oleh unit APIP. Harapannya aplikasi ini kedepannya dapat segera terimplementasikan oleh semua unit APIP tidak hanya di lingkungan BPKP.


Acara hari berikutnya (25/07/2019) dilanjutkan dengan workshop penggunaan aplikasi SIBIJAK yang dipandu oleh Marwanta Purba mulai dari tahap login  sampai dengan pemanfaatan fitur yang ada di dalamnya. Pelaksanaan workshop pun berjalan dengan lancar dengan beberapa kendala teknis yang bisa segera terselesaikan. Setelah  workshop rangkaian kegiatan ditutup dengan sesi diskusi tanya jawab dan penutupan.

 

-Humas Pusbin JFA-


Back

Sambutan Kepala Pusbin JFA

Assalamu'alaikum Warahmatullahi
Wa Barakatuh...
Kapus
 

Konsultasi

Layanan untuk APIP yang ingin berkonsultasi seputar Jabatan Fungsional Auditor
Konsultasi
 

Produk

Produk-produk peraturan Pusbin JFA
Produk
 

Galeri

Galeri foto kegiatan-kegiatan Pusbin JFA
Galeri Foto
 

Forum Diskusi

Forum Diskusi antar Auditor di Lingkungan APIP
Forum Diskusi APIP
 

Pengumuman Online

Pengumuman Hasil Ujian Sertifikasi Auditor (USA) Online
Pengumuman Online