Berita

Berita Seputar

Ke-JFA-an

Pencarian Berita :

Terobosan Peningkatan Kualitas Pembinaan JFA

  • Jum'at, 08 Maret 2019 / 17:32:38 /
  • Dibaca: 325 Kali
Pak_edi_di_workshop_6_maret19

Jakarta (5/3) - Suatu terobosan yang lama dinanti sejak tahun 1996 oleh banyak auditor di seluruh Indonesia telah lahir berupa aplikasi terintegrasi bernama SIBIJAK atau Sistem Informasi Bina Jabatan Auditor Berkualitas.

 

Tugas pokok BPKP selaku instansi pembina jabatan fungsional auditor (JFA) adalah membina JFA sebagaimana tertera dalam Keputusan Menpan nomor 19 tahun 1996, dan peraturan-peraturan perubahannya. Saat itu, pelaksanaan pembinaan JFA yang diemban BPKP melalui Pusbin JFA masih dilaksanakan secara manual dan parsial sehingga menimbulkan inefisiensi dalam berbagai layanan pembinaan. Secara keseluruhan, pembinaan auditor yang selama ini dijalankan belum berjalan optimal tanpa adanya sistem informasi yang terpadu.

 

Lahirnya aplikasi SIBIJAK merupakan tuntutan atas kebutuhan data Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) serta media penyusunan dan penilaian angka kredit yang selama ini memakan waktu dan tenaga. Dalam sambutannya pada Workshop SIBIJAK di Auditorium Gandhi Kantor Pusat BPKP, Kepala Pusbin JFA Edi Mulia berharap SIBIJAK ini dapat memberikan efek domino dalam peningkatan kualitas pembinaan JFA oleh Instansi Pembina dan peningkatkan kualitas kinerja APIP dalam melaksanakan tugas pengawasan. "Dengan adanya improvements tersebut, pada gilirannya akan mewujudkan good governance dan clean government dalam penyelenggaraan pemerintahan di Indonesia," ujarnya. (diana)

 

Back

Sambutan Kepala Pusbin JFA

Assalamu'alaikum Warahmatullahi
Wa Barakatuh...
Kapus
 

Konsultasi

Layanan untuk APIP yang ingin berkonsultasi seputar Jabatan Fungsional Auditor
Konsultasi
 

Produk

Produk-produk peraturan Pusbin JFA
Produk
 

Galeri

Galeri foto kegiatan-kegiatan Pusbin JFA
Galeri Foto
 

Forum Diskusi

Forum Diskusi antar Auditor di Lingkungan APIP
Forum Diskusi APIP
 

Pengumuman Online

Pengumuman Hasil Ujian Sertifikasi Auditor (USA) Online
Pengumuman Online