Berita

Berita Seputar

Ke-JFA-an

Pencarian Berita :

Kiprah Pusbin JFA

  • Jum'at, 22 Pebruari 2019 / 00:00:00 /
  • Dibaca: 50 Kali
Img-20190222-wa0000

Sejumlah hal telah dilakukan Pusbin JFA selama beberapa tahun terakhir untuk meningkatkan kualitas layanan dan melaksanakan amanah sebagai instansi pembina JFA dengan sebaik-baiknya. Demikian dikatakan Kepala Pusat Pembinaan Jabatan Fungsional Auditor (Pusbin JFA), Edi Mulia dalam Laporannya kepada Sekretaris Utama, pada Raker Pusbin JFA, Rabu 20 Februari 2019 di Yogyakarta

Kepala Pusbin JFA, Edi Mulia, selaku Ketua Penyelenggara rapat Kerja Pusbin JFA tahun 2019, melaporkan perkembangan Pusbin JFA secara umum serta penyelenggaraan rapat kerja, kepada Sekretaris Utama BPKP, Dadang Kurnia, pada Pembukaan Raker Pusbin JFA, yang dihadiri oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Yogyakarta Slamet Tulus Wahyana  dan Auditor Utama BPKP, Maliki Heru Santoso selaku narasumber, serta 67 orang peserta raker. 

"Rapat kerja ini merupakan kegiatan tahunan Pusbin JFA yang kami laksanakan sebagai media untuk mengevaluasi kinerja kami tahun lalu dan mensosialisasikan rencana kerja tahun ini", kata Edi Mulia melaporkan kepada Dadang Kurnia, Sekretaris Utama BPKP.

Tema raker Pusbin JFA tahun ini adalah "Dengan sinerji dan integritas tinggi Pusbin JFA siap mewujudkan WBBM".

"Sebagaimana diketahui, tahun 2017 Pusbin JFA telah memperoleh predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan dengan dukungan Sesma kami bertekad untuk meraih predikat WBBM dalam tahun 2019 ini dan in syaa Allah dengan sinergi dan integritas tinggi semoga kami dapat mewujudkannya", kata Edi Mulia.

Sejumlah hal telah dilakukan Pusbin JFA selama beberapa tahun terakhir untuk meningkatkan kualitas layanan dan melaksanakan amanah sebagai instansi pembina JFA dengan sebaik-baiknya. Selain perolehan WBK, kami juga telah membangun Sistem Informasi Bina Jabatan Auditor Berkualitas (SIBIJAK) yang memanfaatkan IT untuk meningkatkan kualitas layanan serta telah memperoleh sertifikat ISO 9001:2015 akhir tahun 2018 lalu, kata Edi Mulia melaporkan.

Semua capaian kinerja selama ini merupakan hasil karya bersama seluruh warga Pusbin JFA. Kami sadar betul bahwa SDM Pusbin JFA merupakan asset utama kami. Kebersamaan dan kerjasama seluruh pegawai Pusbin sebagai sebuah tim besar dan keluarga besar selalu berusaha kami tumbuhkembangkan melalui berbagai media seperti doa bersama setiap senin pertama dan ketiga setiap bulan, pemberian ucapan ulang tahun bersama, juga kegiatan PPM dengan makan siang bersama sekali dalam sebulan, kata Edi menjelaskan.

Dalam setiap doa bersama selalu dibacakan kata-kata mutiara untuk direnungkann bersama. Satu kata mutiara yang sangat bagus yaitu: "Bersebab rezeki sudah ada yang mengatur, maka sesungguhnya bekerja adalah wujud rasa syukur".

Kami mencoba menerapkan kata bijak ini dalam keseharian kami. kami menerjemahkannya sebagai berikut: "Sesungguhnya kita bekerja hari ini bukanlah untuk mencari rezeki hari ini atau untuk besok, tetapi kita bekerja hari ini adalah wujud rasa syukur kita atas rezeki yang kemarin. adalah wujud rasa syukur kita atas reeki yang kemarin. Kami percaya kalau kita mensyukuri reeki yang kemarin pasti Allah akan menambahkan lagi rezeki kita hari ini dan besok". Kata bijak ini kami ulang terus dalam doa bersama supaya lama kelamaan terinternalisasi dalam keseharian kami. Kami juga berusaha menginternalisasikan nilai-nilai dan kode etik serta aturan perilaku BPKP, kata Edi Mulia Kapusbin JFA

Kami juga sudah merumuskan motto kami yaitu kerja, sehat ,dan bahagia, tiga kata yang merupakan satu kesatuan yang saling menjiwai dan bukan dicapai secara berurutan. Artinya dalam kita bekerja, kita harus menjaga agar kita tetap sehat dan jangan lupa bahagia, jelas Edi Mulia.

Raker Pusbin JFA dimulai pada tanggal 20 Februari 2019 berakhir pada tanggal 23 Februari 2019. Transportasi yang kami gunakan adalah kereta api, pulang pergi. Selain berhemat, kebersamaan, kebahagiaan serta kesan yang luar biasa akan terwujud, kata Edi Mulia.

Dalam raker ini kami juga mengundang Auditor Utama BPKP,  Maliki Heru Santoso untuk memberikan sharing pengetahuan mengenai "Auditor Internal di Era Digital", yang pasti akan menambah wawasan dan pengetahuan kami untuk lebih meningkatkan kualitas pembinaan  JFA sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi, lanjut Edi Mulia.

"Terimakasih Sekretaris utama BPKP, Dadang Kurnia, dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Yogyakarta, Slamet Tulus Wahyana sebagai tuan rumah tempat kami menyelenggaraan raker ini" kata Edi Mulia mengakhiri laporannya.


Back

Sambutan Kepala Pusbin JFA

Assalamu'alaikum Warahmatullahi
Wa Barakatuh...
Kapus
 

Konsultasi

Layanan untuk APIP yang ingin berkonsultasi seputar Jabatan Fungsional Auditor
Konsultasi
 

Produk

Produk-produk peraturan Pusbin JFA
Produk
 

Galeri

Galeri foto kegiatan-kegiatan Pusbin JFA
Galeri Foto
 

Forum Diskusi

Forum Diskusi antar Auditor di Lingkungan APIP
Forum Diskusi APIP
 

Pengumuman Online

Pengumuman Hasil Ujian Sertifikasi Auditor (USA) Online
Pengumuman Online