Berita

Berita Seputar

Ke-JFA-an

Pencarian Berita :

Peningkatan Kapabilitas Apip Melalui Sidang Komite Sertifikasi Jabatan Fungsional Auditor

  • Jum'at, 27 Nopember 2015 / 16:38:33 /
  • Dibaca: 3119 Kali
Sidang_komite_2015

 

Komite Sertifikasi JFA tugas utamanya mengawal kompetensi, sehingga lebih ke menjamin kualitas Auditor demkian salah satu butir paparan Deputi Kepala BPKP selaku Pengarah Komite Sertifikasi JFA.

 

 

Bertempat di ruang rapat utama lantai 3 Gedung BPKP Pusat telah dilaksanakan sidang Komite Sertifikasi Jabatan Fungsional Auditor (JFA). Pelaksanaan sidang tanggal 26 November 2015, dihadiri oleh para anggota Komite Sertifikasi yaitu beberapa Inspektur Jenderal Kementerian/Lembaga mewakili Kementerian/Lembaga dan beberapa Inspektur Provinsi/Kabupaten/Kota mewakili Pemeintah Provinsi/Kabupaten dan Kota di Indonesia serta Irwasum POLRI.

 

Bertindak sebagai Pimpinan sidang adalah Sekretaris Utama BPKP yang juga menjabat sebagai Ketua Komite Sertifikasi JFA dan turut hadir para Deputi Kepala BPKP selaku Pengarah Komite Sertifkasi JFA. Pembentukan Komite Sertifikasi adalah merupakan amanah Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 220/M.PAN/2008 yang memberikan amanah kepada BPKP selaku Pembina JFA yang dalam hal ini didelegasikan oleh Kepala BPKP kepada Pusat Pembinaan Jabatan Fungsional Auditor untuk melakukan sertifikasi JFA agar diperoleh auditior yang kompeten dan professional dalam menjalanakan tugas dan fungsinya.

 

Sidang kali ini merupakan momentum untuk perbaikan pengembangan JFA ke depan karena Komite Sertifikasi masa bakti periode yang lalu telah berakhir pada tahun 2014 dan telah memberikan masukan perbaikan dalam rangka pembinaan JFA oleh karena itu, tema sidang adalah "Pembahasan Program Kerja Komite Sidang Sertifikasi JFA periode 2015 - 2018". Hasil sidang telah menghasilkan enam program dalam lima tahun ke depan yaitu Pembahasan pola karier auditor dan pola hubungannya dengan pejabat struktural dan dengan jabatan fungsional lainnya, Pembahasan kebijakan sertifikasi sebagai implementasi standar kompetensi auditor, Peningkatan kapasitas auditor melalui seminar, workshop, peer review dan praktik magang JFA antar Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah, Pembahasan kebijakan pemanfaatan auditor bersertifikat sesuai dengan perannya dan pemanfaatan auditor suatu unit APIP ke unit APIP lainnya (join audit), Pembahasan kebijakan penghargaan auditor bersertifikat, dan Optimalisasi Program Sertifikasi dalam rangka pemenuhan jumlah Auditor.

 

Harapan besar dari komite ini selain memberikan masukan terhadap pembinaan JFA, agar pembinan JFA dapat dilakukan secara sistematis, konseptual dan berkelanjutan, adalah dapat ikut mengawal peningkatan level kapablitas APIP yang pada akhir RPJMN tahun 2014 sebesar 85% level kapabilitas APIP masih berada di level 1 (Initial) , diharapkan pada akhir RPJMN tahun 2019 sebesar 85% APIP berada di level 3 (Integrated).

(Humas Pusbin JFA -Fajar Hudoyo)

 

Back

Sambutan Kepala Pusbin JFA

Assalamu'alaikum Warahmatullahi
Wa Barakatuh...
Kapus
 

Konsultasi

Layanan untuk APIP yang ingin berkonsultasi seputar Jabatan Fungsional Auditor
Konsultasi
 

Produk

Produk-produk peraturan Pusbin JFA
Produk
 

Galeri

Galeri foto kegiatan-kegiatan Pusbin JFA
Galeri Foto
 

Forum Diskusi

Forum Diskusi antar Auditor di Lingkungan APIP
Forum Diskusi APIP
 

Pengumuman Online

Pengumuman Hasil Ujian Sertifikasi Auditor (USA) Online
Pengumuman Online